Trik Jitu Memasarkan Buku
Judul
: Trik Jitu Memasarkan Buku
Resume Ke : 20
Gelombang : 28
Tanggal : 22 Februari
2023
Tema
: Pemasaran Buku
Narasumber : Agus Subardana, S.S, M.M
Moderator : Purbaniasita KS, S.Pd
Assalamualaikum
warahmatullahi wabarokatuh. Salam sejahtera bagi teman blog semua.
Alhamdulillah di kegiatan KBMN ini sudah memasuki pertemuan ke-20. Untuk
pertemuan ini tema yang akan disampaikan adalah tentang Pemasaran Buku dengan
narasumber Bapak Agus Subardana dengan moderator Ibu Purbaniasita (Ibu Sita).
Ibu
Sita mengawali dengan sebuah tulisan dari Ali Bin Abu Thalib: "Semua orang akan mati kecuali karyanya.
Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak.”
Judul
tema kali ini sangat keren sekali bagi saya. Kebingungan saya sebagai penulis yang sudah memiliki empat karya buku
tunggal dan puluhan buku keroyokan akan menemukan titik terang, bagaimana cara
memasarkan buku yang sudah dicetak. Sedangkan kita tahu bahwa tujuan menulis
adalah ingin bisa berbagi buat orang banyak. Mudah-mudahan pada kegiatan ini
bisa memberikan solusi bagi saya sebagai seorang penulis.
Ada
strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar bisa
dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan oleh konsumen. Secara otomatis
kita harus paham betul sajian yang diminati oleh masyarakat. Memburu selera konsumen
itu tidaklah mudah,
Pak
Agus Burdana adalah Direktur dan Marketing penerbit ANDI. Selama 18 tahun 2
bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan.Pernah Menjadi Dosen Tidak
Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala
Jakarta. Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2
Manajemen Pemasaran.
Seperti
biasa kegiatan malam ini dibagi menjadi 4 sesi.
1.
Pembukaan
2.
Pemaparan materi
3.
Tanya Jawab
4.
Penutup
Kegiatan
ini pun dibuka dengan pantun yang indah dari Pak Agus.
Singgah
sebentar di rumah Kerabat
Meminta
buah Apel dan Pisang Banana
Untuk
hadirin Bpk Ibu Guru yang Hebat
Salam
Hormat dari Saya Agust Subardana
Sakit
Gigi jangan di tahan
Karena
banyak mengunyah makaroni
Puji
Syukur Kepada Tuhan
Kita
bertemu di Grup Belajar Menulis malam
ini
Jangan
Ngebut Kalau Naik Sepeda Motor
Dari
Kota Jogja membawa buah Mengkudu
Terimakasih
kepada Moderator
Izinkan
saya menyampaikan Strategi Pemasaran Buku (cakeeep)
Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian
informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam
rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi
khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud
dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan
pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat
terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Dalam
rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup
dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis.
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dll ).
Dari
jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan
berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya
kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis
. Sehingga strategi pemasaran pada
umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara,
pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Penerbit
Buku Andi masuk dalam faktor keduanya
yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah
termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan
telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan
menjadi 32 katagori.
Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan
Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.
Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara.
(On Line )
a. Pemasaran buku lewat Online
Ketika
pandemi covid melanda negeri, dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan
era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak bisa survive, dan harus mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer. Iklan dengan brosur dan baliho
besar dulu ada dimana-mana. Tapi sekarang tidak. Karena dengan adanya internet
membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita. Penerbit ANDI pun
dalam penggarapan pasar dengan menggunakan bisnis On Line/digital marketing. Digital
marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
Jenis-jenis
digital marketing yang diterapkan Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :
1.
Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya
adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada
banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan
lainnya.
2.
Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna
internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan
kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
3. Search
Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin
pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital
yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin
pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4.
Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk
promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing
di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang
- kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang
sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun
sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon
konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah
sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
Contoh
pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :
Pantun
1 :
Di
taman ada banyak kumbang
Di
kali banyak buaya
Janganlah
ragu ataupun bimbang
Toko
online ini bisa dipercaya
Pantun
2 :
Liburan
ke pulau Bali
Jangan
lupa datang ke pantai Dewata
Ayo
beli di toko online kami
Barangnya
cuma setengah harga
Pantun
3 :
Kamu
jadian sama si dia
Padahal
aku sudah menyukaimu
Kita
toko online terpercaya
Siap
menjual barang paling bermutu
5.
Email Marketing. strategi marketing yang
satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6.
Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak
melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren
komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp,
Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
7.
Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para
fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang
digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
8.
Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan.
Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan
pemasaran.
9.
Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI
AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube
juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang
lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara
online melalui layanan live streaming.
Untuk
penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi
, supaya kita dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara
masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan
mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat
kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk
dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata
konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku , persepsi dan
pendapat konsumen
Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita
tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk
membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk
sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita. Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas
Guru , Pelajar , Mahasiswa dll
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat
(OF LINE ).
Untuk
menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus
melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi
pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari
Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang
tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar
yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit
Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri ,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka
kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi
tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku
Tradisional.
Kenapa
kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis
toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh
toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan
TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti
perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan
sebagainya.
Adapun
toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem
administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem
transaksinya masih manual .
Untuk
itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh
para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku
tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi
Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan ,
antara lain :
- Menguasai display buku , supaya
tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko
dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan
potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai
moment bulan berjalan (program Ramadhan,
Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi program promosi
di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive
komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut. Contoh Display Buku
yang menarik, Promo Diplay Buku di Toko, Promo Discount
2. Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran
Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku
yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran
Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk
semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum.
Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri
tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan langsung ke setiap kampus
- Kunjungan langsung ke setiap
Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan kunjungan langsung tersebut
diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak
Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan
buku dapat meningkat.
Aktive
dalam melakukan event – event seperti
event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.
Alhamdulillah
kegiatan pun berkahir. Begitu banyak ilmu yang didapatkan dengan adaya strategi
pemasaran buku. pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi
pemasaran buku yang terus berkembang. Selanjutnya sesi tanya jawab.
Salam
literasi
Cisarua,
25/-02/2023
Komentar
Posting Komentar